Jumat, 08 Januari 2010

Tips Reload OS Blackberry

TIPS ME-RELOAD OPERATING SYSTEM (OS) PADA BLACKBERRY YG MACET/NGADAT

CIRI – CIRI:
- Blackberry device anda totally macet dan tidak dapat dipergunakan lagi
- Tidak dapat di Restore/ back up lagi dgn Software Desktop Manager, karena bila anda hubungkan BB anda via usb kabel, Desktop Manager tidak bisa mendeteksi BB anda, anda hanya mendengar suara sepertinya BB anda terkoneksi putus-nyambung dengan computer anda secara berulang.
- Lampu led berkedip untuk beberapa detik, kemudian anda akan melihat blank screen putih dgn jam gelas secara konsisten, kemudian mati lagi, demikian terus menerus secara berulang ulang walaupun anda tinggalkan berjam-jam. Anda sama sekali tidak bisa menggunakan BB anda lagi.

Apabila anda memiliki BB seperti ciri-ciri tersebut diatas, jangan panik walaupun BB anda adalah barang BM (Black Market), barang Refurbish ( barang bekas yg di-chasing baru). Kejadian ini adalah masalah software biasa dan bukan karena PIN di-suspend oleh pihak RIM (Research In Motion). Saya perlu garis bawahi disini, ASALKAN BB stuck/macet anda bukan karena kerusakan pada sisi hardware spt jatuh, arus pendek karena air, dll.

Jika dalam kondisi seperti ini anda menelpon provider HP anda atau toko BB di kota anda, ada kemungkinan BB anda akan dikatakan rusak/ barang tak resmi (BM), kena suspend RIM dan sebaiknya diganti yang baru. Apa yg tidak lebih bagus dari pada “menggantinya dengan yang baru”? Jangan menyerah..kita bisa selesaikan sendiri…..!!!

KEMUNGKINAN PENYEBAB:
- Installation/pemasangan OS (operating system) version yang ada pada device anda belum sepenuhnya sempurna, ini banyak terjadi pada proses up-grading OS version
- Installation “theme” yang tidak tepat untuk type BB anda
- Pemasangan aplikasi BB yang tidak tepat untuk type BB anda
- Pemasangan software yang masih beta version juga memungkinkan hal ini terjadi
- Terlalu banyak program aplikasi yang terpasang melampaui daya dukung memory BB anda sehingga device anda bekerja diluar jangkauan memory yang tersedia.

KEPERLUAN DAN LARANGAN:
Sebelum anda memperbaiki BB anda yang stuck/macet tersebut, anda harus menyiapkan hal-hal basic berikut:
- Anda menggunakan Windows Computer, saya menggunakan Windows XP
- Anda telah menginstall Blackberry Desktop Manager terbaru ( Saya gunakan versi 4.7)
- Anda telah down load dan menjalankan OS yang anda inginkan untuk dipasang di BB anda

Blackberry Desktop Manager terbaru anda bisa install dari bundle paket CD ketika anda membeli BB, atau download langsung dari blackberry.com untuk versi 4.7 disini: Guests cannot see links in the messages. Please register to forum by clicking here to see links.

Anda Belum bisa lihat link ini silahkan daftar klik DISINI untuk bisa melihat linknya.
, cuma anda harus memiliki koneksi internet yang cukup karena file cukup berat ( 117.468 MB)

Untuk mendapatkan OS (Operating system) yang cocok untuk BB anda, anda bisa langsung men-download melalui blackberry.com. Anda tidak perlu khawatir versi OS yg telah terpasang pada BB anda yg macet tersebut. Saran saya, anda bisa mencoba OS terbaru sesuai dengan type BB anda.

Apabila sebelummnya anda pernah men-download dan menjalankan versi OS Blackberry type lain pada computer anda, sebaiknnya dihapus dulu, caranya bukan “Control Panel” di computer anda > Add/Remove Software > Uninstall Operating System yg sudah ada sebelummnya.

Apabila anda belum pernah meng-install Operating System BB sebelumnya pada computer anda, anda bisa langsung men-download-nya melalui web blackberry.com sbb: Guests cannot see links in the messages. Please register to forum by clicking here to see links.

Anda Belum bisa lihat link ini silahkan daftar klik DISINI untuk bisa melihat linknya.
, anda bisa memilih Asia Pacifik, atau specific di Telkomsel, Indosat, atau XL Indonesia dan file OS disesuaikan dengan type BB anda dan versi OS yang anda butuhkan. Pastikan Internet koneksi anda cukup kuat dan stabil karena file cukup besar ( > 50 MB).

Setelah anda sukses men-download OS pada computer anda, silahkan jalankan file tersebut dengan mengklik 2x dan secara otomatis file OS tersebut akan ter-install pada computer anda.

Perlu anda perhatikan bahwa proses selanjutnnya akan menghapus semua data- data baik itu no kontak, memo, photo dan aplikasi pada BB anda, kecuali anda sebelumnnya pernah mem-back up data anda melalu Desktop Manager. Apabila anda belum pernah mem-back-up data anda sebelumnnya melalui Desktop Manager, anda terpaksa harus merelakan semua dana dan program aplikasi yg sdh terpasang terhapus.

BAGAIMANA CARA RELOAD OPERATING SYSTEM PADA BB YANG STUCK/MACET?

LANGKAH 1.
Pastikan BB anda tidak terkoneksi ke computer anda dan Desktop Manager anda tidak dijalankan. Cari dan buka “the App Loader application” secara manual. Tidak ada shortcut program mini di strat-up menu, carannya buka file browser, langsung ke drive C (operating system drive) > Program Files > Common Files > Research In Motion > AppLoader. Ketika anda berada pada AppLoader directory, silahkan double klik “Loader” shortcut. Ketika Loader terbuka, anda dapat mengklik next untuk langkah 2.

LANGKAH 2.
Pada step ini anda harus menghubungkan BB anda ke computer menggunakan USB kabel. Pada posisi wizard“ Communication Port Selection”, anda perlu berhati-hati karena biasannya akan muncul pilihan “COM1” connection. Anda hanya boleh melanjutkan proses dengan menekan tombol “next” bila “connection COM1” berubah menjadi USB-PIN:UNKNOWN atau USB-PIN:(no pin BB anda),

USB PIN:UNKNOWN option biasanya muncul beberapa detik setelah BB anda terhubung ke computer dengan led merah menyala. Jadi pastikan anda meng-klik tombol next pada saat yang tepat. Jika anda belum menemukan saat yang tepat, silahkan ulangi lagi proses tersebut ( cabut USB, pasang baterry, konek ke komputer dan klik next pada saat muncul opsi USB-PIN:UNKNOWN muncul. Anda harus cepat dan waktu adalah kuncinnya. Proses ini mungkin memerlukan beberapa kali pengulangan.

LANGKAH 3.
Saat ini BB anda sudah tidak lagi dalam kondisi reboot terus, dan anda sdh dalam proses perbaikan terhadap system OS ada BB anda untuk menjadi berfungsi lagi. Ikuti prosesnnya, pilih opsi yang akan anda install pada BB anda (BrickBreaker, Blackberry Messenger, Blackberry Maps, etc) klik next dan approve installation dgn dgn klik Finish. Proses ini akan memakan waktu beberapa saat, anda tinggal duduk manis menunggu..sampai akhirnnya muncul kata “ The Loading operation was successful” pada layer.

Pada saat ini BB anda akan me-reboot dengan otomatis dan akan memakan waktu cukup lama ( kira2 15 – 30 menit). Pada layer BB anda hanya muncul jam pasir bolak balik dengan screen putih. Anda dapat mencabut kabel USB anda dari computer karena proses instalasi sdh selesai. Anda tinggal duduk manis sambil menunggu dengan agak cemas..walaupun tidak terlalu mencemaskan. Dan akhirnnya BB anda akan restart dengan sendirinya.

LANGKAH 4
That’s it! You are done. Brand New Blackberry. BB anda sudah berfungsi dgn normal tetapi masih standard, anda tinggal menjalankan Set Up Wizard untuk setting date/time/font, etc. Dan pada saat ini anda sudah dapat menghidupkan BlackBerry Desktop Manager anda untuk melakukan store dan restore data, jika anda data anda hilang termasuk contact, silahkan melakukan sychronize melalui Outlook. Anda juga dapat menambahkan program aplikasi untuk BB kesayangan anda.

2 komentar:

  1. ini gimana mas ? saat step kedua, "pas menghubung ulang ke jvm" hape saya connect nggak connect gitu terus ( kayak mau reebot tapi mati lagi. LEDnya idup beberapa detik trus mati lagi ). waktu proses kedua mau berakhir pasti ada tulisan "aplication loader tidak dapat terhubung dengan perangkat anda" udah saya coba berulang ulang tetep aja gitu. gimana cara mengatasinya ? mohon bantuannya terimakasih :)

    BalasHapus
  2. hape bb saya 8520 tapi pada di connect in di kommputer gak mau nyala layarnya tapi led nya kedip merah terus padam tapi aku udah menjalankan apk app loader dan sebagainya tepi saat masukin pin udah bisa tapi Device application selection gak bisa dicentangin semua bahkan apk nya ada tulisan 0 k gitu. mohon bantuanyaa??

    BalasHapus

Bookmark and Share